Pura Ulun Danu dan Air Terjun Gitgit

Pagi ini kita bangun kesiangan!
Pesawat jam 5.30 pagi dan gue udah pasang alarm jam 2 pagi, pesen taksi jam 3 pagi, tapi kita jam 3 baru bangun!
Alhasil cuma punya waktu 15 menit buat siap2 karena kita mesti nyampe bandara paling ga jam 4.30 pagi karena ada bagasi yang mesti kita taro.
Long story short…
Setelah mendarat di Bandara Ngurah Rai di Denpasar, kita dijemput bli Kadek dan langsung menuju Lovina Resort. Tentunya dengan planning mampir ke Pura Ulun Danu di Bedugul, air terjun Gitgit di desa Gitgit dasrah Sukasada dan makan siang di Spice Resto di Gitgit.
Tempat pertama yang kita datangi bubur ayam Laota untuk sarapan. Selanjutnya perjalanan 1,5 jam ke Pura Ulun Danu, daerah ini adem banget di tengah hari bolong sekitar 24 derajat celsius. Maklum tingginya 1200 meter di atas permukaan laut. Pura ini berada di kawasan Danau Beratan.

Oh ya, kalau pernah lihat duit 50 ribu yang biru itu, background belakang-nya itu ya gambar Pura ini. Bagus banget ya aselinya, tamannya luas dan banyak spot untuk foto, lagi2 turis asing mendominasi di sini.
Lanjut ke Air Terjun Gitgit, kita datengin dua air terjun Gitgit di dua tempat berbeda, pertama ke Gitgit Campuhan yang jaraknya sekitar 3KM ke Gitgit yang di atas lagi. Sementara turun ke bawah dengan tanjakan dan tangga curam sekitar 300-400 meter.
Lokasi kedua lebih bagus dan jalanannya lebih enak. Air terjunnya lebih gede dan deras jadi ga ada orang yang berenang di bawahnya. Beda dengan air terjun Gitgit Campuhan yang lebih kecil dan relatif banyak yang berenang.
Lokasi ini bisa jadi salah satu tempat favorit buat trekking di Bali, bisa menyatu dengan alam dan menyepi jauh dari keramaian. Semoga tetap terjaga keasriannya, ga kegusur seperti sawah-sawah yang berubah jadi ladang-ladang tidak terurus, pohon pisang tumbuh di antara alang-alang.