Reksadana

Berhubung investasi yang gue kerjain baru reksadana, makanya gue pengen bagi2 tips sedikit ya…
Soalnyaaaa beberapa hari ini terima konsultasi gratis buat ngomongin reksadana dkk.

Mungkin udah bisa googling dan lihat di website2nya Financial Planner yang kondang2 itu, tapi gue coba bikin simple apa sih reksadana dan gimana caranya:

  1. Reksadana itu artinya kumpulan jenis instrumen investasi (bisa saham, obligasi, deposito) yang digabung jadi satu dan dikerjain sama yang namanya Manajer Investasi. Terutama buat kita karyawan yang kerja, sebenernya target return kita adalah cukup mengalahkan laju inflasi, atau laju perkembangan bunga KPR, dan kredit2 lainnya yang rata2 masih di bawah 20%hahaha jadi cukup penting punya reksadana, karena ga perlu ngurus sendiri proses pembelian saham yang mungkin bagi gue cukup ribet.
  2. Bentuknya sendiri mirip tabungan, karena bisa di-subscribe atau di-redeem kapan aja, terlebih lagi, sekarang reksadana tuh banyak yang pake sistem installment, jumlahnya juga bebas mulai dari 100ribu udah bisa, jadi bisa bikin kita lebih disiplin untuk subscribe reksadana. Usahain beli reksadana abis gajian, kalo ga mah ga ngaruh karena pasti akan jadi last option. Hihihihi. *pengalaman punya RD yang ga auto installment*
  3. Proses pembukaan reksadana, sekarang udah banyak bank yang jual produk reksadana online maupun lewat Customer Service di cabangnya. Kita bisa dateng ke bank sebagai agen penjual untuk tanya2 reksadana apa yang dijual di situ. Ntar CS bakalan kasih kita daftar jenis reksadana yang mereka jual, kita bisa pilih tuh.
  4. Nah, gimana milih reksadana yang pas buat kita? Balik lagi kayak pertanyaan Financial Planner andalan gue: Ligwina Hananto…hihihi… “Tujuanlo apa??”. Kalo tujuan pensiun, mungkin di atas 10-20 tahun lagi, ya mending taro di RD saham. Kalo tujuan sekolahin anak, yang tinggal tahun depan, ya taro aja di RD pasar uang yang instrumennya kebanyakan SUN atau deposito. Untuk jenis reksadana mungkin bisa googling lagi ya kira2 kebutuhannya yang seperti apa, kan your money your responsibility.
  5. Pas udah pilih reksadananya, gimana cara pilih manajer investasinya? Baca dan minta prospektus yang dimiliki manajer investasi itu ke agen penjual. Mereka harus ngasih dan kita harus baca, karena dari prospektus bisa ketauan dia taro instrumen apa aja, siapa bank kustodiannya, dan sudah berapa lama manajer investasi itu membentuk jenis reksadana ini sehingga bisa ketauan pertumbuhan return-nya.
  6. Perhatiin juga fee untuk subsribe, redeem, sampe ke kalo kita mau top up, pengalihan. Ga usah dipikirin yang namanya fee ini, karena pastiiiii return RD jauh lebih tinggi dari yang tadi gue sebut di atas.
  7. Reksadana punya Nilai Aktiva Bersih (NAB), NAB itu kayak harga yang perlu kita bayar kalo kita mau punya unit dari RD tersebut. Misalnya NAB/unit IDR 1000, kalo taro dana IDR 500.000 artinya kita dapet 500 unit.
  8. Reksadana juga punya return. Untuk ngitung berapa returnnya, sebaiknya lo catet sendiri di excel tentang perkembangan return RD, supaya lo bisa ngelacak berapa progressnya dia. Misalnya tadi NAB/unit naik jadi IDR 1200, jadi uanglo berubah nilainya jadi 1200*500 unit = IDR 600.000. Lumayan kan untung 100ribu daripada lumanyun…hihihi
  9. Pergerakan RD termasuk return, NAB dll bisa dilihat di www.infovesta.com
  10. Pas harga2 NAB lagi ngedrop kayak sekarang akibat IHSG yang juga masih 4600an, mending diemin aja tuh RD. Namanya juga investasi, ya harus jangka panjang. Yang pasti yang namanya RD cenderung lebih lama emang untuk respons kenaikan dan penurunan IHSG, artinya kalo IHSG turun juga ga secepat main saham, atau kalo naik juga ga sebanyak main saham. Emang kurang kerasa, tapi balik lagi, tujuannya apa? Kalo gue cukup ngebalap laju bunga kredit sama inflasi aja udah cukuplah.

Yak, segitu dulu ya tips2nya, kapan2 kita bahas lagi…

Advertisements

2 thoughts on “Reksadana

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s