Lessons to Learn

Kemarin habis keliling Jawa Timur sampai perbatasan Jawa Tengah dan Madura.
Di tengah kegalauan rakyat yang semakin terjepit sama kenaikan harga BBM, gue dapet kesempatan buat ngedatengin site milik perusahaan.
Ini pengalaman pertama gue ke onshore atau offshore.
Cukup bikin shock.
Pertama karena lokasinya yang berada di permukiman penduduk, membuat orang males buat bekerja sebagai petani lagi, apalagi di lingkungan yang memang sebagian besar warganya bertani, namun mereka ga mau lagi untuk bertani karena merasa daerahnya penuh minyak.
Harga tanah di situ juga cukup mahal, sampai 1.250.000/m2…ckckckck…

Kedua karena di lokasi offshore gue menemukan bahwa orang2 yang kerja di offshore adalah pahlawan2 energi bangsa ini.
Merekalah yang bekerja mencari minyak atau gas untuk ditukar dengan minyak yang lebih murah dengan alasan kebutuhan negeri ini yang lebih banyak…
Gue ga ngomongin orang2 offshore yang kerja di oil company asing, mereka sama jahatnya dengan negaranya yang mengeruk kekayaan Indonesia…maaf kalau ada yang kesinggung…
Pahlawan2 energi yang gue liat itu bener2 menyedihkan.
Rela jauh dari keluarga, di ujung utara Kalimantan, pedalaman Cepu dan Bojonegoro, dan di tengah Laut Madura yang gue aja sampe pusing banget 12 jam muter2 di tengah laut…
Ini mereka bisa berhari2 disitu, kalau pasokan makanan ga datang, mereka cukup hanya dengan makan indomie kering yang dikremes2…. :((
Bener2 sedih…
Terjebak di wellhead platform tapi ga mau menuntut lebih…demi kebutuhan energi negara ini…
God bless them all…

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s